Friday, May 25, 2012

Di Manakah Letak Moral


Assalamualaikum.................

Pernahkah kita sadari bahwa penjajahan yang dilakukan bangsa barat semakin kuat saja dari waktu-kewaktu. Bukan secara fisik melainkan secara moral. Kalau kita perhatikan dengan seksama, perilaku anak bangsa semakin berlawanan dengan jati diri Bangsa Nusantara ini. Seperti misalnya jika kita sesekali berkunjung ke alun-alun kota, di sana kita akan melihat ramai sekali anak-anak mulai dari SMP sampai SMA yang saling berpasangan laki-laki dan perempuan sedang memadu asmara tanpa ada rasa malu yang menyelimuti mereka, padahal belum ada suatu ikatan yang sah. Itu salah satu contoh betapa sudah merosotnya moral, yang telah mereka tukar dengan Globalisasi yang apabila tidak diikuti maka akan mereka katakan "ketinggalan jaman". 

Dewasa ini, moral anak bangsa semakin menurun. Terbukti dengan banyaknya tingkat kriminalitas yang semakin menjamur di daerah lingkungan kita. Bukti lainnya banyak anak muda sekarang yang membantah perkataan orang tuanya, memperlakukan orang tua seperti musuhnya, bahkan tidak jarang kita menemukan anak sekolahan khususnya SMA yang sudah hamil di luar nikah.

Di manakahletak moral? Mungkin pertanyaan itu yang terlintas dalam fikiran kita. Memang terkadang di televisi di siarkan beberapa anak negeri ikut mengharumkan Bangsa dengan cara memenangkan Olimpiade atau semacamnya, ataupun anak SMK yang berprestasi membuat mobil. Namun itu hanya sebagian kecil dari keseluruhan penduduk di Negeri ini. Sedangkan sebagian lainnya lebih banyak hadir di berita-berita kriminal. Apakah itu sebanding?

Namun pertanyaan yang harus terjawab adalah, bagaimana cara mengembalikan moral yang telah merosot itu? Entah apa jawaban yang tepat, yang pasti itu akan bisa terjadi jika masing-masing dari kita menghendakinya. Oleh karena itu melalui coretan tak berarti ini saya mengajak kepada seluruh anak bangsa, ayo kita perbaiki moral dan budi pekerti kita mulai dari kita sendiri.

Sekian celotehan dari saya, bila ada kata yang kurang berkenan saya mohon maaf. Wabillahi taufiq wal hidayah.
Wassalamualaikum ww............................

No comments:

Post a Comment